Senin, 16 Juli 2012

Teropong Bintang


Teropong atau teleskop adalah alat optik yang digunakan untuk melihat benda-benda yang sangat jauh seperti gunung dan bintang agar tampak lebih dekat dan jelas. Meskipun teropong sudah digunakan sejak abad ke-17 namun sampai sekarang tidak seorangpun yakin pertama sekali menemukan teropong. Seperti mikroskop, teleskop juga ditemukan di Belanda, tetapi penemuannya setelah mikroskop. Pada tahun 1608, segera setelah penemuan mikroskop, Hans Lippershy dari Middleburg seorang pembuat lensa tanpa sengaja menemukan teropong untuk mengamati objek yang jauh agar terlihat dekat. Hans Lippershy pernah mencoba mempatenkan teropong yang dibuatnya tetapi ditolak oleh dewan penilai. Kemudian pada tahun 1609 Galileo membuat sebuah teropong yang dikenal dengan sebutan teropong panggung setelah itu ia membuat banyak macam teropong dan mendapatkan banyak penemuan dalam bidang astronomi yang membuatnya terkenal.

Sir Issac Newton menemukan teleskop refleksi cermin, suatu versi yang lebih canggih dari teropong Galileo dengan menggunakan suatu cermin cekung untuk merefleksikan gambaran yang dipandang ke dalam piringan datar atau lensa mata, teropong refleksi mampu memisahkan objek yang tidak jelas atau menjauhkan jarak objek yang berdekatan. Pada tahun 1781, William Herschel menggunakan suatu teropong dengan ketinggian 40 kaki (12,91 m) untuk menemukan planet Uranus.
Karl Gothe Jansky, seorang eksponen radio astronomi adalah orang pertama yang menemukan gelombang radio yang keluar dari bintang dan galaksi yang jauh. Pada tahun 1957, di tepi sungai Jodnel di Inggris dibangun teropong permanen utama untuk pertama kalinya.   
Perkembangan teropong juga diimbangi pula dengan perkembangan perhitungan gerak benda-benda langit dan hubungan satu dengan yang lain melalui Johannes Kepler (1571-1630) dengan Hukum Kepler. Dan puncaknya, Sir Isaac Newton (1642-1727) dengan hukum gravitasi. Dengan dua teori perhitungan inilah yang memungkinkan pencarian dan perhitungan benda-benda langit selanjutnya .


Untuk File lebih lengkapnya silahkan download DISINI




Semoga sukses ya,,,,,,,,?????



2 komentar:

  1. wah,,isinya lumayan bagus ya,,
    mantap

    BalasHapus
  2. ya,,,mudah-mudahan bermanfaat
    bagi para pembaca semua,,,,

    BalasHapus

komen di sini