Minggu, 15 Juli 2012

Getaran Dalam Zat Padat


BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Pendahuluan

Getaran atom dalam zat padat dapat disebabkan oleh gelombang yang merambat pada Kristal. Ditinjau dari panjang gelombang yang digelombang yang digunakan dan dibandingkan dengan jarak antara atom dalam Kristal, dapat dibedakan pendekatan gelombang pendek dan pendekatan gelombang panjang.
Disebut pendekatan gelombang pendek apabila gelombang yang digunakan memiliki panjang gelombang yang lebih kecil dari pada jarak antar atom. Dalam keadaan ini, gelombang akan” melihat “ Kristal sebagai tersusun oleh atom-atom yang diskrit; sehingga pendekatan ini sering disebut pendekatan kisi diskrit. Sebaliknya, bila dipakai gelombang yang panjang gelombangnya lebih besar dari jarak antar atom, kisi akan “nampak” malar(kontinu) sebagai suatu media perambatan gelombang. Oleh karena itu, pendekatan ini sering disebut sebagai pendekatan kisi malar.
Pada bagian selanjutnya akan dikembangkan model matematis tentang getaran kisi Kristal dan diharapkan dapat menjelaskan sifat-sifat fisis Kristal. Dalam hal ini model yang dapat memberikan hubungan dispersi; ω = ω(k), untuk suatu Kristal. Ramalan tentang ω = ω(k) itu kemudian dibandingkan dengan hasil-hasil eksperimen.
Kita mengandaikan bahwa semua atom-atom dalam Kristal mempunyai ikatan yang sangat kuat satu sama lain, bergetar sebagai satu kesatuan(model kolektif). Dalam mengembangkan model ini kita membatasi diri pada Kristal linier,  artinya Kristal yang hanya terdiri dari satu rantai yang lurus. Mula-mula dianggap bahwa semua atom-atom rantai tersebut sama( mono- atomic), kemudian ditinjau keadaan dengan dua jenis atom yang tersebar sepanjang rantai  secara berseling (dia-tomik). Ternyata bahwa modelkristal linier yang sederhana itu memberikan (secara kuantitatif) suatu hasil yang cukup memadai sehingga dapat pula dikembangkan untuk getaran atom dalam tiga dimensi.

Bagi yang mau file lebih lengkapnya silahkan download di sini

Semoga sukses ya,,,,,,,,,,????????



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komen di sini